Tim Nasional Jerman tampil sangat dominan dan terlalu perkasa dalam laga pembuka Piala Eropa 2024. Laga yang digelar di Allianz Arena ini berakhir dengan skor 5-1 untuk tuan rumah. Gol-gol kemenangan Jerman dicetak oleh Florian Wirtz pada menit ke-10, Jamal Musiala pada menit ke-19, Kai Havertz melalui penalti di menit ke-45+1, Niclas Füllkrug di menit ke-68, dan Emre Can pada menit ke-90+3. Satu-satunya gol balasan Skotlandia terjadi akibat gol bunuh diri Antonio Rüdiger pada menit ke-87.

tampil sangat dominan sepanjang pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 72%. Tim Panzer juga mencatatkan 20 kali percobaan tendangan ke gawang, dengan 10 di antaranya merupakan shot on target. Dominasi ini jelas terlihat dari awal pertandingan, di mana Jerman terus menekan pertahanan Skotlandia dan menciptakan banyak peluang berbahaya.

Gempuran Jerman ke gawang Angus Gunn semakin gencar setelah bek Skotlandia Ryan Porteous mendapat kartu merah di menit ke-44, setelah melakukan tekel horor kepada Kapten Jerman Ikay Gundogan.

Pertandingan ini menjadi awal yang baik bagi Jerman di ajang Piala Eropa, menunjukkan bahwa tuan rumah menjadi salah satu tim yang harus diwaspadai oleh lawan-lawan mereka. Sementara itu, Skotlandia harus segera memperbaiki performa mereka jika ingin lolos dari fase grup yang juga dihuni oleh Hungaria dan Swiss.

Salah satu hal menarik dari laga pembuka ini adalah penerapan VAR yang terbilang fair. Wasit VAR terlihat membuat keputusan-keputusan akurat yang meminimalkan kontroversi seperti pembatalan penalti untuk tim Jerman setelah Jamal Musiala dijatuhkan di luar kotak penalti dan pemberian pelanti untuk Jerman setelah tekel horor kepada Gundogan.